Cara membuat pestisida nabati dengan tembakau dan daun pepaya untuk pertanian organik

Tembakau merupakan bahan utama dari rokok. Sehingga sangat mudah menemukan tembakau di sekitar kita. Tembakau yang digunakan untuk membuat pestisida nabati (pesnab) tidak musti baru. Kita bisa pakai puntung rokok yang sudah tidak dipakai. Anda juga bisa membeli langsung tembakau di pasar.

Pestisida nabati dari tembakau ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit keriting pada cabe, mengusir semut pada cabe, dan mengatasi hama lainnya pada cabe dan sayuran. Untuk membuat pesnab tembakau bisa dikombinasikan dengan tanaman lain seperti daun pepaya.

Dalam aplikasinya, pestisida nabati perlu diberikan secara bergantian jenisnya supaya hama-hama tidak menjadi kebal. Hindari penggunaan pestisida alami 2 minggu sebelum panen agar makanan tidak terkontaminasi. Pestisida nabati paling baik diberikan pada sore hari setelah jam 5 karena sebagian besar hama akan aktif pada malam hari. Pada musim hujan, lakukan penyemprotan 3 jam sebelum hujan turun.

Cara membuat Pestisida Organik dengan Tembakau dan Daun Pepaya

Berikut cara membuat pestisida nabati dengan tembakau.

A. Cara pertama
Bahan-bahan:
  • tembakau (dpt diambil dari puntung rokok)
  • air panas 1 gelas
Cara membuat:
  1. masukkan tembakau (puntung rokok) dalam air panas, aduk dan tunggu hingga campuran menjadi warna kuning seperti teh.
  2. saring pesnab lalu masukkan ke dalam sprayer.
  3. tambahkan sekitar 2 liter air bersih.

B. Cara Kedua
Bahan-bahan:
  • tembakau + puntung rokok
  • daun pepaya
  • air 4 liter
Cara membuat :
  1. haluskan daun pepaya.
  2. campur tembakau + puntung rokok dengan air.
  3. campur semua bahan dalam air.
  4. diamkan selama 6 jam atau semalam.
  5. saring pesnab, masukkan ke dalam sprayer.

Pestisida organik di atas dapat digunakan dengan cara disemprot/spray. Untuk pestisida organik kedua yang menggunakan campuran daun pepaya dapat juga dikocor pada media tanam dengan fungsi sebagai pupuk cair.

Begitulah informasi tentang cara membuat pestisida organik dengan tembakau dan daun pepaya. Semoga bermanfaat. Share ke kawan-kawan tani lainnya untuk menambah wawasan dan saling mengingatkan. Jangan lupa kunjungi halaman facebook Hidroponik kami untuk tetap mendapatkan info tani terbaru. Ayo menanam hijaukan bumi!


Show EmoticonHide Emoticon