Sangat mudah cara menanam Wheatgrass (Rumput Gandum)

Rumput gandum (Wheat Grass) adalah salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan dengan hidroponik. Tanaman ini bisa jadi kurang familiar bagi sebagian besar orang. Namun tahukah kawan bahwa teknik budidaya rumput gandum sangat sederhana. Sehingga siapapun bisa melakukannya sendiri.

Budidaya tanaman rumput gandum ini sangat cocok dengan jenis pertanian perkotaan (urban farming). Ini karena untuk menanam rumput gandum tidak diperlukan lahan/tempat yang luas. Hanya dengan wadah tanam sederhana yang ada di dapur misalnya, kawan sudah bisa menanam rumput gandum sendiri.

Benih tanaman rumput gandum bisa jadi masih sulit didapatkan di toko sarana pertanian di daerah kawan. Kawan bisa pesan online di toko online seperti tokopedia, bukalapak, dan lain-lain.

Secara umum untuk menanam wheatgrass atau rumput gandum tidak terlalu sulit. Waktu panennya pun tidak terlalu lama, sekitar 7-9 hari setelah semai. Ya tidak perlu menunggu hingga 1 bulan, kawan sudah bisa panen wheat grass. Tanaman wheat grass lebih banyak dikonsumsi untuk dibuat jus.

Cara menanam Wheatgrass (Rumput Gandum)

Walaupun cara menanam Wheatgrass atau Rumput Gandum terbilang mudah, namun ada beberapa teknis yang perlu diperhatikan. Berikut cara menanam Wheatgrass (Rumput Gandum) supaya berhasil.

• Letakkan benih wheat grass di media tanam. Media tanam dapat berupa tanah, pasir atau media lainnya. Tutupi benih dengan media tanam yang digunakan. Kawan juga bisa coba meletakkan benih wheatgrass di atas mangkok datar/piring. Nah, kawan tidak perlu menambahkan media tanam apapun untuk ini.


• Sirami media yang sudah berisi benih wheat grass setiap pagi dan sore, dapat menggunakan sprayer atau disiram. Jangan sampai air menggenang karena benih bisa membusuk dan berjamur. Prinsipnya media tanam harus lembab tapi tidak tergenang air.

• Pada tiga hari pertama, tutup media dengan kain atau kertas Koran, jangan sampai terkena cahaya matahari.

• Pada hari keempat, tutup bisa dibuka agar tunas yang mulai muncul mendapat cahaya. Tapi jangan sampai mendapat paparan sinar matahari langsung. Pada kasus ini dapat diberi sinar matahari pagi kira-kira sampai jam 9 pagi.

• Pada hari ke 7-9, wheat grass dapat dipanen dan dimanfaatkan untuk dikonsumsi

Benih wheatgrass (rumput gandum)

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam menanam wheat grass, perlu juga diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Wheat Grass akan tumbuh maksimal di daerah dingin atau suhu tanah dan suhu udara antara 15-25 derajat Celcius. Suhu panas dapat membuat benih yang ditanam akan cepat membusuk dan berjamur. Anda dapat menanam wheat grass dalam ruangan ber-AC atau tempat relative teduh.
  • Benih ini tidak perlu direndam didalam air terlebih dahulu sebelum ditanam, karena akan mengakibatkan pembusukan atau jamur.
  • Atur jarak tanam benih sesuai keinginan anda. Jika ingin tumbuh rapat maka perbanyak benih yang ditanam dalam wadah. Semakin banyak benih, maka wheat grass akan tumbuh padat.
Begitulah informasi tentang cara menanam Wheatgrass (Rumput Gandum). Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Ayo menanam!


Show EmoticonHide Emoticon