Cara perkembangbiakan tumbuhan beserta contohnya (Generatif dan Vegetatif)

Mahluk hidup memiliki beberapa ciri yakni bernafas, bergerak, membutuhkan makanan, tumbuh dan berkembang, berkembangbiak, dan lainnya. Berkembangbiak merupakan salah satu cara mahluk hidup untuk mempertahankan populasi jenisnya. Melalui proses perkembangbiakan, mahluk hidup dapat memperbanyak dirinya.

Perkembangbiakan pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 (dua) yakni perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Coba perhatikan gambar tumbuhan tersebut, bagaimana cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut?. Tumbuhan tersebut adalah cocor bebek yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan tunas adventif. perhatikan anakan yang dihasilkan, cukup banyak bukan!


Cara perkembangbiakan tumbuhan beserta contohnya

A. Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah perkembangbiakan pada tumbuhan melalui proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Perlu diingat kembali bahwa tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (kepala putik) yang terdapat pada bunga tumbuhan tersebut.

Proses penyerbukan selanjutnya diikuti dengan pembuahan. Pembuahan berhasil ditandai dengan terbentuknya biji. Kelopa bunga pada tumbuhan akan mulai berguguran seiring terbentuknya biji/bakal buah. Coba perhatikan tumbuhan-tumbuhan di sekitar kita yang menghasilkan buah. Nah, tumbuhan tersebut berkembangbiak secara generatif. Contoh tanaman yang berkembangbiak secara generatif adalah mangga, rambutan, kedondong, tomat, cabe, melon, semangka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

B. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui proses penyerbukan. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat terjadi secara alami dan dapat pula karena campur tangan mahluk lain seperti hewan dan manusia.

1. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami

Jenis-jenis perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami sebagai berikut.
  • Spora : paku dan lumut
  • tunas : tebu, pisang, dan bambu
  • tunas adventif : cemara, cocor bebek, dan sukun 
  • akar tinggal : jahe, kunyit, dan lengkuas
  • geragih : strawbery, pegagan, dan semanggi
  • umbi lapis : bawang merah, bawang putih, dan bunga bakung
  • umbi batang : ubi jalar, gembili, dan kentang

2. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan

Berikut ini jenis-jenis perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan dengan bantuan manusia.
  • cangkok : mangga, rambutan, kedondong, dan sawo
  • stek batang : tebu dan singkong
  • stek daun : cocor bebek dan sirih
  • merunduk : apel, alamanda, dan melati
Begitulah informasi mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Ayo menanam!