Pemanfaatan bagian tubuh tumbuhan untuk kehidupan manusia

Tumbuhan merupakan produsen penghasil makanan pokok bagi mahluk hidup yang lain. Tumbuhan amat bermanfaat bagi hewan dan manusia. Untuk itu, manusia sebagai mahluk yang berakal perlu menjaga keberlangsungan tumbuhan dengan terus melakukan kegiatan menanam yang dapat dimulai dari lingkungan rumah.

Selain sebagai sumber oksigen, tumbuhan sangat membantu kehidupan manusia. Banyak peralatan rumah tangga yang ada di rumah kita berasal dari tumbuhan. Meja dan kursi kayu yang kita gunakan berasal dari bagian tubuh tumbuhan. Kipas tangan yang kita pakai juga dibuat dari tumbuhan.


Pemanfaatan bagian tubuh tumbuhan untuk kehidupan manusia

Apa saja contoh-contoh pemanfaatan bagian tubuh tumbuhan untuk kehidupan manusia?. Berikut penjelasannya.

1. Tumbuhan Bambu
Di Jawa Barat, bambu digunakan untuk bahan pembuatan alat musik angklung. Sedangkan di Jawa tengah, batang bambu digunakan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga seperti besek dan tampah.

2. Tumbuhan Jati
Kayu pohon jati dimanfaatkan untuk membuat kusen dan tiang penyangga daun pintu. Selain kayunya, di Yogyakarta, daun tumbuhan jati digunakan sebagai pewarna alami masakan gudeg.

3. Tumbuhan Sagu
Sagu adalah makanan pokok di wilayah Indonesia bagian timur. Batang tumbuhan sagu yang sudah berbentuk tepung diolah menjadi berbagai makanan lezat seperti papeda khas papua.

4. Tumbuhan Pandan Berduri
Di Halmahera Utara, daun tanaman pandan duri dianyam menjadi tikar pandan yang menarik.

5. Tumbuhan Pandan Wangi
Daun tumbuhan pandan wangi biasanya digunakan sebagai penyedap makanan.

6. Tumbuhan Singkong
Selain beras, singkong menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Di Bandung, singkong diolah menjadi peuyeum. Peuyeum merupakan makanan yang dibuat dari hasil fermentasi. Di daerah lain lumrah disebut tape singkong.

7. Tumbuhan Cendana
Cendana memiliki kayu yang berbau harum. Keharuman kayu cendana dapat bertahan bertahun-tahun. Di Bali, kayu cendana digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kipas kayu. Kayu cendana diukir dan dijahit membentuk kipas.

Apakah kamu tahu tumbuhan lain beserta manfaatnya?. Silahkan sebutkan di kolom komentar ya.

Begitulah informasi mengenai pemanfaatan bagian tubuh tumbuhan untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Ayo menanam!


Show EmoticonHide Emoticon