Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Selain tempat menanam padi dan palawija, lahan persawahan juga sangat bagus digunakan untuk menanam pepaya terutama pepaya jenis california. Pepaya california merupakan tanaman keras yang produktif. Tanaman pepaya california tidak mengenal musim berbuah. Prospek juga bagi petani buat menambah pundi-pundi keuangan.

Selain biaya dan perawatan yang tidak terlalu sulit, membuat banyak petani menggati palawija dengan menanam pepaya. Beberapa keuntungan menanam pepaya jenis california adalah sebagai berikut:

  • Harga penjualan relatif stabil;
  • Perawatan relatif gampang;
  • Berbuah banyak dan lebat;
  • Tidak mudah busuk atau rusak

Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Pada artikel ini, Saya khusus membahas mengenai cara budidaya pepaya califronia di lahan persawahan.

Apa alasan melakukan budidaya pepaya california di lahan persawahan? Silahkan komen di kolom komentar. Nah, kemudahan budidaya menanam pepaya di lahan persawahan adalah gampang memasukan air (ketersediaan air) ketika kemarau. Selain itu juga bisa mengistirahatkan lahan tanam padi sehingga menjaga Ph tanah tetap terjaga.

Cara Budidaya Pepaya California di Lahan Persawahan

Sekalipun budidaya pepaya california dapat dilakukan di lahan persawahan tetapi perlu diingat bahwa lahan yang paling cocok adalah lahan yang agak kering. Kalau daerah becek atau berair maka akan membuat bibit pepaya california akan mati.

Berikut langkah-langkah menanam pepaya california di lahan persawahan:

1. Langkah awal,bajak sawah dulu dengan traktor. Bisa juga membuat bedengan-bedengan sederhana dulu dengan jarak 2 m (meter).

2. Atur jarak tanam yang ideal agar menghasilkan buah yang maksimal. Biasanya waktu pas menanam adalah pada bulan Mei - Juni dimana curah hujan sudah mulai berkurang dan sudah masuk peralihan ke musim panas. Sesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

3. Setelah lahan sudah siap, buatkan lubang sekitar kedalaman 15 cm.

4. Perlu diketahui pembibitan juga sangat menentukan kualitas buah pepaya. Untuk bibit, waktu tanam yang paling pas adalah ketika berdaun lima supaya akar-akar pada bibit cepat berinteraksi dengan tanah.

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

5. Ingat saat menanam jangan terlalu dalam. Di awal, campur tanah dengan pupuk organik atau pupuk kandang.

Perhatikan gambar di bawah, Untuk membuat bedengan bisa mengikuti cara membuat bedengan sederhana seperti pada gambar.

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Tahap Perawatan Pepaya California

Setelah menanam, selanjutnya tahap perawatan. Perawatan pepaya california tidak terlalu sulit. Cukup memberi pupuk dengan intensitas 1 (satu) bulan sekali yakni menggunaka pupuk Urea NPK ataupun pupuk yang sudah dicampur. Sudah banyak sekali pupuk yang dijual di pasaran sekarang. 

Pada tahap ini, kebersihan sekitar pohon benar-benar dijaga biar tumbuh kembang bisa maksimal. Ketika sudah berumur 4 - 5 bulan, pohon pepaya sudah mulai berbunga dan berbuah. Pada saat ini perhatikan kondisi daunya. Jika daun agak kekuningan maka perlu diberikan pemupukan. Sebaliknya jika hijau pekat maka pepaya sudah sangat subur. 

Agar pepaya berbuah besar bisa menambahkan pupuk hormon seperti pupuk hantu dan sejenisnya. Ini bisa diimplementasikan dengan menyiramkan pada area akar kurang lebih berjarak 20 cm.

Masa Panen Pepaya California

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Masa panen pepaya california adalah ketika buah sudah berusia 8 bulan. Bisa dilihat dengan ciri buahnya yang menguning dan memerah. Biasanya, awal panennya satu pohon bisa 2 atau 3 biji.

Jarak panennya adalah seminggu sekali. Nah, bisa dihitung jumlah pendapatan yang diperoleh jika pepaya california yang ditanam 100 buah dengan harga pepaya per buah sekitar RP. 6.000,- atau lebih, tentu sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Demikian artikel berujudul Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan ini, semoga bisa bermanfaat. 

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan"