Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Sambung Jambu Biji Dengan Pucuk Jambu Kristal

Halo para pecinta tanaman, semoga selalu sehat semuanya. Tentunya kita ketahui, terkadang sering kita jumpai di pekarangan atau di kebun pohon tanaman ini yakni pohon jambu batu. Tanaman Jambu Batu adalah tanaman di iklim trofis yang aslinya berasal dari Negara Brazil. Tepatnya di negara amerika latin.

Sahabat, tanaman jambu batu ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Menurut penelitian, jambu batu banyak mengandung serat dan vitamin c. Sementara pucuk daunnya dapat di gunakan sebagai obat.

Baca juga:

Cara Budidaya Pepaya California Di Lahan Persawahan

Cara Sambung Jambu Biji Dengan Pucuk Jambu Kristal

Sahabat, pada artikel kali ini Saya akan memaparkan cara menyambung batang jambu batu biasa dengan jambu kristal yang sangat familiar saat ini. Sebelum kita ke pembahasan mari kita bahas dahulu yang dimaksud dengan menyambung tanaman.

Menyambung adalah menggabungkan batang atas tanaman dengan batang atas pada tanaman lain yang sejenis. Ini bertujuan mendapatkan hasil buah yang lebih banyak, enak dikonsumsi dan bernilai jual yang lebih tinggi.

Apakah kamu pernah mengkonsumsi jambu kristal? Jambu kristal adalah jambu yang mempuyai biji yang lebih sedikit. Termasuk varietas baru yang digalakan untuk saat ini. Selain daging buah banyak, enak rasanya dan sedikit bijinya juga bernilai jual yang cukup tinggi.

Persiapan

Alat untuk menyambung jambu batu biasa menjadi jambu kristal antara lain:

1.cater/pisau

2. Plastik kresek yg paling tipis sebagai pengikat batang

Berikut langkah-langkah cara sambung jambu batu biasa dengan jambu kristal:

1. Langkah awal sebelum kita menyambung batang, Anda sebaiknya mencari pucuk yang akan digunakan sebagai penyambung ujung jambu. Sesuaikan dengan jenis jambu apa saja yang diinginkan seperti jambu kristal, jambu bangkok, dll.

2. Langkah selanjutnya, setelah kita dapatkan penyambung, potonglah ujung muda batang yang akan disambung pada indukan dengan hati hati.

3. Buatlah seperti terbelah kemudian sisipkanlah penyambung yang sudah dipersiapkan lebih awal.

4. Hati hati di dalam mengikat karena jangan sampai patah yang dapat menyebabkan kegagalan menyatunya batang.

5. Ikatlah dengan plastik dan bisa menggunakan kresek yang paling tipis. Ini dimaksudkan agar tidak terlalu menekan batang yang biasanya tunas muda muncul dari kresek tersebut.

6. Setelah itu, bersihkan daun-daun muda di sekitar batang tempat menyambung ini. Bertujuan agar cepat muncul daun tunas muda dari batang yang telah disambung tersebut.

7. Jika sudah tumbuh daun atau tunas-tunas muda dari sambungan yang sudah dilakukan dapat dipastikan anda sudah berhasil. Sebaliknya jika batang tersebut membusuk maka anda gagal.

Dalam satu pohon, lakukanlah penyambungan 5 atau 10 batang. Bisa juga dikombinasikan dengan berbagai jenis jambu. Disamping menjadi daya tarik juga membantu kita menghijaukan lingkungan.

Demikian ulasan artikel cara sambung batang jambu batu biasa dengan jambu kristal, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Cara Sambung Jambu Biji Dengan Pucuk Jambu Kristal"